//
you're reading...
Hardware, teknik komputer dan jaringan

Konfigurasi Jaringan LAN

Cara Konfigurasi Jaringan LAN – LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus,gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch,
yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Cara Membuat Jaringan LAN Menggunakan Kabel

Kita langsung saja bahas bagaimana Cara Membuat Jaringan LAN Menggunakan Kabel. di bawah ini adalah konsep dasar membangun sebuah jaringan.

1.Membuat jaringan Komputer dengan 2 komputer.

Ketika kita membuat jaringan komputer hanya dengan 2 komputer, maka kita perlu kabel jaringan nya dengan Cross Over. Bagaimana cara membuat kabel dengan jenis cross. Bahan yang diperlukan untuk membuat jaringan komputer ini hanya kabel jaringan saja. untuk konfigurasi sama saja dengan konfigurasi jaringan komputer untuk lebih dari 2 komputer.

2 .Membuat jaringan Komputer dengan lebih dari 2 Komputer.
Ketika kita membuat jaringan lebih dari 2 komputer, maka kita harus tahu dulu apa jenis jaringannya ( Topologi jaringannya ). Biasanya, kita itu suka menggunakan jaringan dengan tipe star seperti gambar di atas.Urutannya adalah Komputer ==>> Hub /switch ==>> Komputer. Setelah kita paham urutan-urutannya, maka sekarang kita tinggal menkonfigurasinya saja. Cara menkonfigurasi jaringan lan sangatlah mudah. Tetapi, sebenarnya tergantung juga dari OS yang kita gunakan. Apakah kita menggunakan OS windows xp, ataukah OS nya tersebut menggunakan Windows 7.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 391 other followers

December 2013
M T W T F S S
    Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Flag Counter
Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by Aditia Nugraha

Artikel Terlaris Pilihan Pembaca

Cara Reset MikroTik Dengan Netinstall , Sebuah alternatif untuk reset setting mikrotik agan di Mikrotik RB750 atau RB751. Cara reset mikroTik dengan netinstall ini mungkin dah paling extreme kali yak Baca selengkapnya »

%d bloggers like this: