//
you're reading...
software, teknik komputer dan jaringan

Langkah-langkah Menginstall Windows 8


Windows 8 versi final sekarang sudah dirilis oleh Microsoft, setelah sebelumya diluncurkan dan dibuat secara bertahap melalui saluran yang berbeda. untuk yang belum begitu mengerti tentang windows 8, berikut ini langkah demi langkah cara menginstall windows 8 final ke komputer ataupun ke laptop, baik itu dilakukan melalui media DVD windows 8 ataupun dengan memakai USB Flashdisk.

Alat yang diperlukan yaitu CD instalasi windows 8 nya, jika belum punya silahkan download dulu versi final windows 8 dari microsoft atau membeli melalui salah satu saluran resmi yang sudah tersedia.
Langkah langkah menginstall windows 8

Pertama, Anda perlu booting komputer Anda menggunakan media instalasi Windows 8 (CD atau USB flashdisk).

Windows 8 membutuhkan waktu beberapa saat untuk memuat file setup, di mana akan terlihat sebagian besar layar hitam, seperti gambar di bawah ini.

Setelah file yang diperlukan akan disalin, setup dimulai dengan menanyakan apa bahasa, waktu, mata uang dan pengaturan input keyboard yang ingin digunakan. tentukan pilihan yang diinginkan dan klik Next.

Klik tombol “Install Now” untuk memulai proses instalasi windows 8

selanjutnya installer akan meminta memasukkan kunci produk yang diperlukan untuk mengaktifkan instalasi Windows 8. Ketik kunci produk dan klik Next. Jika Anda telah membeli versi eceran Windows 8, kunci produk akan ditemukan dalam kemasan cakram instalasi. Kunci produk yang sama kemudian akan diminta untuk mengaktifkan Windows 8, setelah instalasi selesai.

Lalu akan muncul jendela perjanjian lisensi, centang kotak bertulisan “I accept the license terms” lalu klik tombol Next

akan muncul jendela pilihan Instalasi antara membuat upgrade atau instalasi custom. Pilih “Custom: Install Windows only (advanced)”

Sekarang Installer akan meminta untuk memilih di mana akan menginstal Windows 8. Pilih partisi yang diinginkan dan klik Next. Jika menginstal Windows 8 pada komputer baru terlebih dahulu harus membuat partisi. Oleh karena itu klik Drive Options.

Kemudian, buatlah partisi baru dengan menggunakan tombol New.

Tentukan ukuran partisi yang diinginkan lalu klik Apply
Catatan: Windows 8 setidaknya memerlukan ruang harrdisk sebesar 10GB, jika ingin menginstall aplikasi lain pada partisi yang sama setidaknya buatlah minimal sebesar 20 – 30GB

setelah itu Installer akan meminta untuk mengkonfirmasi jika sudah OK Windows 8 akan menciptakan sebuah partisi tambahan untuk file sistem, yang akan digunakan untuk boot dan pemulihan. Klik OK.

Pastikan partisi yang dipilih benar dan klik Next.
CATATAN: Pada langkah ini dapat juga memformat partisi di mana Windows 8 akan diinstal, sebelum menekan Next.

Instalasi akhirnya dimulai. Setup akan memakan waktu beberapa menit untuk menyalin semua file yang dibutuhkan dan menginstal sistem operasi.

Setelah instalasi selesai, Windows 8 setup secara otomatis akan mereboot sistem. Kemudian,akan terlihat proses dari persiapan yang dibuat untuk login pertama. Agar proses ini selesai, Mungkin diperukan beberapa kali restart lagi, tergantung pada konfigurasi hardware komputer masing masing.

Personalisasi Instalasi Windows 8

Setelah reboot selesai, Windows 8 akan membutuhkan beberapa waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Kemudian, Installer akan meminta untuk personalisasi instalasi Windows 8. Mulailah dengan memberikan nama untuk komputer. Jika mengetik beberapa Karakter “tidak sah” seperti $, %, &, maka Installer akan memberitahukan bahwa karakter ini tidak bisa dipakai. Juga, pilih warna background yang diinginkan. Setelah selesai, klik Next.

Jika menginstal Windows 8 pada laptop atau perangkat dengan kartu jaringan nirkabel (wifi), Installer akan meminta untuk memilih jaringan nirkabel untuk menghubungkan dan memasukkan password yang sesuai untuk koneksi ke jaringan wifi. Pada komputer atau perangkat yang terhubung melalui kabel ke jaringan, tidak akan melalui langkah ini.

Selanjutnya, muncul pilihan setting yaitu menggunakan Express Setting yang dibundel bersama Windows 8, atau ingin menyesuaikan instalasi sendiri (Customize). Untuk ini pilih opsi Customize, klik Customize.

Pertama, Installer akan bertanya apakah ingin mengaktifkan file sharing atau tidak. Silahkan Pilih opsi yang diinginkan.

Kemudian installer akan menanya untuk pengaturan yang diinginkan pada Windows update, dan fitur keamanan seperti Smartscreen Filter, Seuaikan dengan keinginan masing-masing dan klik Next.

Selanjutnya, Installer akan menanyakan apakah ingin mengirim berbagai jenis informasi kepada Microsoft. Silahkan atur hal-hal sesuai dengan preferensi masing-masing dan klik Next.

Kemudian, akan ditanya tentang pemecahan masalah dan pilihan apa yang ingin dinyalakan. Juga, dapat mengatur jika aplikasi dapat menggunakan nama dan gambar akun dan jika mereka diizinkan untuk mengakses lokasi Anda. Silahkan atur hal-hal seperti yang diinginkan dan klik Next.

Akhirnya, sampai ke layar “Sign in to your PC“. Untuk dapat merasakan beda Windows 8 sepenuhnya, yang terbaik adalah dengan menggunakan akun Microsoft (juga dikenal sebagai Windows Live ID, akun email hotmail) untuk sign in Ketik akun Microsoft dan klik Next.

Catatan: Jika Anda lebih suka tidak masuk menggunakan akun Microsoft, klik link “Sign in without a Microsoft account” di bagian bawah jendela dan ikuti petunjuk yang ditunjukkan oleh setup wizard.

Kemudian, Anda akan diminta memasukkan sandi akun Microsoft. Ketik dan klik Next.

Kemudian, Anda dapat memberikan e-mail dan nomor telepon alternatif untuk memulihkan password account Anda, jika Anda lupa atau diubah oleh orang yang tidak diinginkan. Silahkan masukkan rincian yang diminta dan klik Next.

Windows 8 membutuhkan waktu untuk mempersiapkan komputer Anda dan semua pengaturan, harap bersabar.

Sementara persiapan dilakukan, Anda akan ditampilkan tutorial singkat tentang cara mengakses bar pesona baru (Charm Bar) – salah satu perubahan yang paling penting dalam Windows 8. disarankan agar Anda memperhatikan petunjuk yang ditampilkan pada tahap ini.

Setelah tutorial berakhir, Anda akan ditampilkan informasi lebih lanjut tentang kemajuan kustomisasi 8 Windows melalui layar berwarna dan beberapa pesan.

Setelah semuanya selesai, Anda akan ditampilkan Start Screen Windows 8

Jika Anda menekan tombol Win + D atau klik pada ubin Desktop, Anda juga dapat melihat dan mendapati desktop klasik.

Selamat Datang di Nuansa Windows 8

Seperti yang kita lihat proses Instalasi windows 8 dengan cara yang sangat mirip dengan windows 7, tapi semakin kita dekat dengan layar login pertama kali, hal-hal berubah secara dramatis bukan? Antarmuka Baru Mulai kelihatan.

Semoga bermanfaat

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Join 391 other followers

December 2013
M T W T F S S
    Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Flag Counter
Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by Aditia Nugraha

Artikel Terlaris Pilihan Pembaca

Cara Reset MikroTik Dengan Netinstall , Sebuah alternatif untuk reset setting mikrotik agan di Mikrotik RB750 atau RB751. Cara reset mikroTik dengan netinstall ini mungkin dah paling extreme kali yak Baca selengkapnya »

%d bloggers like this: